Monday, December 12, 2011

Tips-tips menjadi bos yang baik


Menurut seorang konsultan bisnis dan manajemen internasional, Greg Smith, manejer yang baik memiliki karakter-karakter khusus seperti bersifat terbuka, memiliki sikap yang positif, dan bisa membantu anggota tim melakukan tugas mereka.

Ada beberapa faktor lainnya yang membuat seorang manejer lebih unggul dibanding yang lainnya.

Pertama, memiliki visi dan strategi yang jelas serta mampu menjadi contoh bagi anggota tim. Sebaiknya seorang manejer melibatkan anggota tim dalam membangun visi serta strategi itu termasuk membahas keberhasilannya, sehingga ada rasa memiliki diantara anggota tim terhadap tujuan yang hendak dicapai bersama.

Kedua, bagi-bagi pekerjaan. Seorang manejer sebaiknya tidak melakukan semuanya sendiri atau bertindak  sebagai“one man show”. Kenali anggota tim dan sedikit demi sedikit, alihkan beberapa tanggung jawab kepada mereka. Seorang manejer harus paham bahwa apabila seseorang diberi tanggung jawab ia akan berusaha memenuhi tanggung jawab tersebut.

Ketiga, jadilah pelatih yang baik, beri masukan yang membangun kepada anggota tim dan tekankan aspek-aspek positif dan negatif dari kinerja anggota tim. Hindari mengevaluasi anggota tim dengan membahasnya dengan anggota tim yang lain, dan jaga kerahasiaan informasi yang dibahas. Promosikan anggota tim ketika ada kesempatan untuk menapak jenjang karir yang lebih tinggi.

Keempat, beri penghargaan bagi kinerja individu dan kinerja tim.

Terakhir, seorang manejer harus mampu memberi kesempatan kepada anggota tim untuk memberi masukan akan kinerja manejer tersebut, karena manejer tidak selamanya bertindak benar, masukan tersebut akan membantunya menjadi pimpinan yang lebih baik dan melatihnya menjadi seorang “leader” atau pemimpin

No comments:

Post a Comment

Anda menunjukkan perhatian dan kasih sayang dengan memberi komentar di bawah ini: